Etika Bisnis 2
Etika Bisnis
Tugas 2
Desy Lucki Mutia Nur Aini
Manajemen A-01
01219030
Contoh perusahaan yang modern yang masih menerapkan etika dalam bisnis dan berikan ulasan sumber secara moritis, data dan persepsi.
PT Garuda Indonesia
Garuda Indonesia telah mengumandangkan 5 (lima) nilai-nilai Perusahaan, yaitu eFficient & effective; Loyalty; customer centricitY; Honesty & Openness dan Integrity yang disingkat menjadi “FLY HI” sejak tahun 2007, dilanjutkan dengan rumusan code of conduct yang diluncurkan pada tahun 2008. Tata nilai FLY HI dan etika Perusahaan merupakan soft structure dalam membangun Budaya Perusahaan sebagai pendekatan yang digunakan Garuda untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik.
Pada tahun 2011, perusahaan menetapkan etika bisnis dan etika kerja perusahaan melalui Surat Keputusan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk No. JKTDZ/SKEP/50023/11 tanggal 11 Maret 2011.
Etika bisnis dan etika kerja tersebut merupakan hasil penyempurnaan dari pedoman perilaku (code of conduct) yang diterbitkan melalui Surat Keputusan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk No.JKTDZ/SKEP/50002/08 tanggal 14 Januari 2008 tentang Nilai-nilai Perusahan dan Pedoman Perilaku (code of conduct) Insan Garuda Indonesia. Penyempurnaan dilakukan berdasarkan umpan balik dari hasil proses implementasi internalisasi serta rekomendasi hasil GCG assessment tahun 2009. Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan merupakan himpunan perilaku-perilaku yang harus ditampilkan dan perilakuperilaku yang harus dihindari oleh setiap Insan Garuda Indonesia.
Etika dan perilaku tersebut dalam hubungannya dengan:
Hubungan Sesama Insan Garuda.
Hubungan dengan Pelanggan, Pemegang Saham dan Mitra Usaha serta Pesaing.
Kepatuhan Dalam Bekerja, mencakup Transparansi Komunikasi dan Laporan Keuangan; Penanganan Benturan Kepentingan; Pengendalian Gratifikasi; Perlindungan Tehadap Aset Perusahaan dan Perlindungan Terhadap Rahasia Perusahaan.
Tanggung jawab Kepada Masyarakat, Pemerintah dan Lingkungan.
Penegakan Etika Bisnis dan Etika Kerja mencakup: Pelaporan Pelanggaran; Sanksi Atas Pelanggaran; Sosialisasi dan Pakta Integritas.
Tata nilai, etika bisnis dan etika kerja merupakan tanggung jawab seluruh Insan Garuda Indonesia, seperti yang dinyatakan oleh Direktur Utama dan Komisaris Utama Perusahaan dalam Buku Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan serta sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk No. JKTDZ/SKEP/50023/11 tanggal 11 Maret 2011, ketetapan ketiga bahwa seluruh pegawai Perusahaan wajib memahmai, menerapkan dan melaksanakan Etika Bisnis dan Etika Kerja serta menandatangani “Pernyataan Pakta Integritas Kepatuhan Terhadap Etika Perusahaan.”
Internalisasi nilai-nilai dan etika Perusahaan dilakukan secara intensif melalui berbagai saluran komunikasi, pelatihan dan terintegrasi dengan sistem penilaian pegawai. Sosialisasi melalui saluran komunikasi internal perusahaan baik cetak maupun elektronik, tatap muka dan diskusi ke semua Unit Kerja baik di kantor Pusat maupun di Kantor Cabang serta melalui program pelatihan. Melalui proses sosialisasi, pada tahun 2011 ini jumlah pegawai yang telah menandatangani lembar komitmen kepatuhan terhadap etika Perusahaan telah mencapai 2.980 pegawai dari berbagai profesi dan unit kerja. Jumlah tersebut berarti sudah mencapai lebih dari separuh dari total pegawai Perusahaan. Perusahaan mengimplementasikan whistleblowing system sebagai alat manajemen untuk membantu penegakkan etika perusahaan. Melalui system ini diharapkan semua pemangku kepentingan mau melaporkan dugaan pelanggan etika yang dilakukan oleh oknum Pegawai Garuda.
Etika bisnis dan etika kerja serta whistleblowing system disosialisasikan pula kepada Mitra Usaha sehingga dapat membantu proses penegakkan etika di perusahaan serta bersama-sama menciptakan lingkungan bisnis yang bersih dan bermartabat. Tata nilai “FLY HI” dan etika Perusahaan merupakan soft structure untuk membangun Budaya Perusahaan sebagai pendekatan yang digunakan Garuda untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance).
Penerapan Etika Bisnis dan permasalahan yang muncul
Segudang prestasi yang didapatkan Garuda Indonesia tentunya adalah buah hasil kerja keras manajemen mereka dalam menyediakan pelayananan yang terbaik bagi konsumen mereka. Dalam melakukan pelayanan tersebut Garuda Indonesia selalu berusaha menjunjung tinggi prinsip etika bisnis yang dirumuskan dalam bentuk serangkaian prinsip etika dan tata nilai perusahaan yang dijadikan acuan dalam mengelola dan melaksanakan kegiatan bisnisnya yang berlaku untuk seluruh stakeholder, yang terdiri atas penjabaran prinsip seperti transparansi informasi ke setiap stakeholder, akuntabilitas mengenai jaminan fungsi, pelaksanaan serta pertanggungjawaban, kemandirian pengelolaan dan profesionalitas serta prinsip kewajaran yang meliputi keadilan serta kesetaraan. Selain itu PT. Garuda Indonesia juga menanamkan nilai SINCERITY pada perusahaan yang terdiri atas nilai synergi, integrity, customer focus dan juga agility. Penerapan nilai dan prinsip PT. Garuda Indonesia ini tercermin dari baiknya layanan PT. Garuda Indonesia yang telah terbukti menciptakan segudang prestasi bagi penerbangan Indonesia sehingga kualitas penerbangan Indonesia pun diakui oleh dunia Internasional.
Beberapa Nilai –Nilai Yang Menjadi Dasar Etika Bisnis Pada Pt Garuda Indonesia
Garuda Indonesia telah mengumandangkan 5 (lima) nilai-nilai Perusahaan, yaitu eFficient &effective, Loyalty, customer centricitY, Honesty & Openness dan Integrity yang disingkat menjadi “FLY HI” sejak tahun 2007. Penjabaran dari Tata Nilai Fly-Hi menjadi 10 (sepuluh) Perilaku Utama bertujuan agar setiap Insan Garuda Indonesia memiliki kesamaan persepsi dalam memahami nilai-nilai tersebut.
Tata nilai yang berfungsi sebagai pedoman dalam pola berpikir dan bertindak diuraikan menjadi 10 (sepuluh) Perilaku Utama dan selanjutnya dijabarkan dalam Pedoman Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan yang harus dipatuhi oleh setiap Insan Garuda Indonesia dalam melaksanakan aktivitas kerja sehari-hari.
1. Efficient dan effective
Makna eFficient dan effective adalah bekerja dengan akurat, hemat dan tepat waktu untuk memberikan hasil yang berkualitas. Perilaku Utama dan Panduan Perilaku eFficient dan effective adalah:
Cepat, Tepat dan Akurat
Lingkungan bisnis yang cepat berubah secara tidak terduga serta penuh dengan ketidakpastian. Hal ini menuntut Garuda Indonesia harus memiliki kemampuan untuk berubah dan beradaptasi dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu setiap Insan Garuda Indonesia harus bekerja dengan cepat, tepat dan akurat dengan cara-cara berikut :
Memahami dengan baik tujuan dan sasaran kerja
Membuat perencanaan kerja secara baik dan dapat dicapai
Melakukan pekerjaan sesuai rencana dan skala prioritas
Melakukan periksa ulang, dan memastikan bahwa hasil pekerjaan tidak ada yang salah
Menggunakan pedoman kerja yang tersedia dan berlaku saat ini
Hemat
Untuk dapat memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, perusahaan tidak cukup hanya memiliki kompetensi untuk menciptakan produk dan jasa yang memenuhi harapan pelanggan, namun juga perlu menghasilkan produk dan jasa yang efisien tanpa mengabaikan kualitas.
2. Loyalty
Makna Loyalty adalah menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. Perilaku Utama dan Panduan Perilaku Loyalty adalah:
Disiplin
Untuk dapat menyediakan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, setiap Insan Garuda Indonesia harus memiliki disiplin yang kuat dalam bekerja. Disiplin diwujudkan dalam perilaku-perilaku sebagai berikut:
Memahami dengan baik tugas, tanggung jawab serta kewenangan yang dimiliki
Menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya
Mengambil keputusan sesuai lingkup tugas dan kewenanga
Menepati janji dan komitmen yang telah Disepakati
Bekerja keras, Cerdas dan Tuntas
Sebagai organisasi yang dinamis, Garuda Indonesia menghadapi berbagai tantangan dan persaingan yang semakin kompetitif. Garuda Indonesia harus mengerahkan segenap kemampuan dan talenta yang dimiliki agar mampu bertahan dan berkembang, serta dapat menyelesaikan tugas pokoknya secara tuntas. Garuda Indonesia harus terus menerus meningkatkan kapasitas organisasi, sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, agar mampu bekerja keras, cerdas dan tuntas, setiap Insan Garuda Indonesia harus:
Gigih dalam bekerja
Selalu memastikan pekerjaan selesai dengan hasil yang sesuai harapan
Selalu berupaya untuk meningkatkan kompetensi diri secara berkesinambungan
Selalu berupaya meningkatkan kualitas pekerjaan untuk memberikan hasil terbaik
Selalu berupaya melakukan penyempurnaan proses kerja secara terus-menerus
Berbagi pengetahuan dan keterampilan dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama
· Bertanggung jawab atas setiap keputusan dan/atau tindakan yang diambil
3. Customer Centricity
Makna nilai Customer Centricity adalah melayani dengan tulus dan mengutamakan kepuasan pelanggan. Perilaku Utama dan Panduan Perilaku Customer Centricity
adalah:
Ramah, Hangat dan Bersahabat
Setiap insan Garuda Indonesia diharapkan mampu memberikan layanan yang terbaik dan berkualitas kepada pelanggannya melalui perilaku yang ramah, hangat dan bersahabat, yang diwujudkan dalam perilaku berikut:
Selalu senyum, mengucapkan salam dan menyapa orang lain atau pelanggan terlebih dahulu
Santun dalam berkomunikasi dan menghargai lawan bicara
Mendengarkan dengan baik keluhan pelanggan, dan tidak melakukan interupsi
Menunjukkan empati (menempatkan diri pada posisi pelanggan)
Tanggap dan Proaktif
Setiap Insan Garuda Indonesia harus mampu memenuhi kebutuhan dan tuntutan pelanggan melalui perilaku tanggap dan proaktif. Perilaku tersebut diwujudkan dengan cara-cara berikut:
Memahami dan peduli terhadap kebutuhan pelanggan
Bertindak cepat dalam menanggapi kebutuhan pelanggan
Berinisiatif mengambil suatu tindakan untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan
Selalu menunjukkan sikap siap membantu
Kreatif dan Inovatif
Dalam menghadapi persaingan bisnis, perusahaan harus senantiasa menghasilkan produk dan layanan yang berdaya saing tinggi (kompetitif). Oleh karena itu, setiap insan Garuda Indonesia diharapkan mampu berpikir dan bertindak secara kreatif untuk menghasilkan inovasi produk dan layanan. Perilaku Kreatif dan Inovatif dapat terwujud bila seluruh insan Garuda mampu:
Menciptakan terobosan produk dan jasa atau gagasan baru yang memiliki nilai tambah
Mencari solusi terbaik dalam pemecahan masalah
Aktif menyampaikan gagasan positif guna tercapainya tujuan perusahaan
4. Honesty dan openness
Makna Honesty dan openness adalah menjunjung tinggi kejujuran, ketulusan, keterbukaan dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian. Perilaku Utama dan Panduan Perilaku Honesty dan openness adalah:
Jujur, Tulus dan Terbuka
Dalam bekerja dan berhubungan dengan pelanggan, Insan Garuda diharapkan bersikap jujur, tulus dan terbuka. Perilaku tersebut diwujudkan dengan cara:
Mengatakan hal yang sebenarnya
Terbuka dalam menerima kritik dan saran untuk perbaikan
Berpikir positif dan konstruktif
Berani mengakui kekurangan dan kesalahan diri serta berusaha melakukan perbaikan.
Menjaga Kerahasian Perusahaan
Perilaku yang jujur dan terbuka diharapkan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian agar kerahasiaan perusahaan tetap dapat terjaga dengan baik. Perilaku yang diwujudkan dalam kaitan menjaga kerahasiaan perusahaan ini adalah dengan cara-cara berikut:
Memahami tingkat kerahasiaan informasi.
Bertanggung jawab terhadap distribusi informasi data dan dokumen perusahaan.
Memperhatikan lingkungan sekitar dan media pada saat membahas hal-hal yang bersifat rahasia.
5. Integrity
Makna Integrity adalah menjaga harkat dan martabat serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela yang dapat merusak citra profesi dan perusahaan. Perilaku Utama dan Panduan Perilaku Integrity adalah:
Konsisten dan patuh pada aturan perusahaan
Insan Garuda Indonesia diharapkan senantiasa menjaga integritas diri agar citra profesi dan perusahaan dapat terjaga dengan baik.
Sumber Referensi :
https://whenweny.wordpress.com/2014/10/13/contoh-contoh-perusahaan-yang-melakukan-bisnis-dengan-beretika/
https://kumparan.com/aulia-putranto/garuda-indonesia-dan-permasalahan-etika-bisnis-1uqGMCpw3t1
http://tietapuspita.blogspot.com/2015/11/etika-bisnis-pada-pt-garuda-indonesia.html
#narotamajaya
#suksesituaku
#febisnismudanarotama
#generasiemas
#thinksmart
#bangganarotama
Komentar
Posting Komentar