UAS Pengantar Bisnis

Nama  : Desy Lucki Mutia Nur Aini
Kelas.  : Manajemen A-01
NIM.     : 01219030

1. Dalam mengelola sebuah bisnis, para pebisnis dihadapkan pada lingkungan internal dan eksternal. Sebutkan berbagai pihak (siapa saja) yang ada pada lingkungan tersebut dan bagaimana peran mereka?
Jawaban :
Untuk itu seharus pihak sektor formal harus dalam lingkungan eksternal karena sektor formal adalah para pekerja yang membutuhkan tingkat pendidikan memadai jadi tugas mereka adalah bekerja dengan baik dalam bisnis di lingkungan tersebut.


Pihak yang informal harus berada di internal karena berbeda dengan formal informal merupakan para pekerja yang bekerja di lingkungan usaha tidak resmi jadi tugas mereka harus memaksimalkan kebisniaan. Lingkungan internal berada dalam organisasi, contoh karyawan, direksi, pemegang saham. Lingkungan juga bisa dibedakan menjadi lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung (direct) terhadap organisasi dan yang tidak langsung (indirect).

Lingkungan ekstern atau eksternal menganai atas unsur-unsur yang berada di luar organisasi, seorang manajer juga tidak mengetahuinya. Tetapi ini juga akan membuat manajer mempertimbangkan dalam mengambil keputusan. Unsur-unsur lingkungan eksternal organisasi contohnya yaitu perubahan ekonomi, peraturan pemerintah, perilaku konsumen atau masyarakat, perkembangan teknologi, politik dan lain sebagainya.

2. 
a. Apakah yang di maksud etika bisnis?
Jawaban :
Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.


b. apakah yang di maksud Corporate Social Responsibility ( CSR )  
dan berilah contoh penerapannya.
Jawaban :
bentuk-bentuk csr yang dapat dilakukan perusahaan ialah dengan memberikan sumbangan dalam bentuk tunai, memberikan tawaran bantuan, memberikan sebuah beasiswa, memberikan donasi dalam bentuk produk milik perusahaan, memberikan pelayanan dan masih banyak lagi


3. 
a.Sebut dan jelaskan ciri-ciri bentuk usaha!
Jawaban :
- BUMN ( Badan Usaha Milik Negara )
BUMN adalah suatu unit usaha yang seluruh modal atau sebagian besarnya berasal dari anggaran khusus kekayaan negara (yang dipisahkan) yang diprioritaskan untuk kemakmuran rakyat dengan membuat suatu produk atau jasa.


- BUMD ( Badan Usaha Milik Daerah )
Perusahaan daerah atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan Peraturan Daerah yang modalnya berasal dari kekayaan daerah yang dipisahkan dan berdasarkan undang-undang. Perusahaan daerah melakukan kegiatan usahanya di bidang usaha umum yang menguasai hajat hidup orang banyak. Perusahaan Daerah dipimpin oleh suatu Direksi, dan anggota direksi diangkat dan diberhentikan oleh Kepala Daerah setelah mendengar pertimbangan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD). Contoh BUMD adalah BPD.


- Badan Usaha Milik Swasta
Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) adalah badan usaha yang seluruh modalnya dimiliki oleh perorangan atau beberapa orang atau pihak swasta. BUMS bertujuanprofit oriented atau untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin guna mengembangkan modal dan usaha, serta membuka lapangan pekerjaan. Selain itu, perusahaan swasta atau BUMS sangat berperan dalam menyediakan barang, jasa dan membantu pemerintah dalam upayanya mengurangi pengangguran dan memberikan pemasukan dana kepada Negara yang berupa pajak. Bentuk badan usaha miilik swasta di Indonesia terdiri dari Persekutuan Firma, Perusahaan Perseorangan, Perseroan Terbatas (PT) dan Persekutuan Komanditer (CV).


b. Bentuk usaha sangat penting bagi legalitas suatu usaha. Organisasi Garis/ Lini adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya. Bentuk lini juga disebut bentuk lurus atau bentuk jalur. Bentuk ini merupakan bentuk yang dianggap paling tua dan digunakan secara luas pada masa perkembangan industri pertama.





4. kemampuan manajer sangat penting dalam mengelola operasional  
perusahaan. ada 3 kemampuan manajer yaitu: Conceptual skills,  
Human skills, dan Technical skills. Jelaskan penerapan kemampuan  
tersebut.
Jawaban :
a. Conceptual Skills : Ketrampilan Konseptual ( Conseptual Skills) adalah kemampuan mental untuk mengkoodisikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi . ini mencakup kemampuan manajer untuk melihat organisasi sebagai suatu keseluruhan dan memahami hubungan antara bagian yang saling bergantung, serta mendapatkan,menganalisa dan menginterpretasikan informasi yang diterima dari bermacam – macam sumber


b. Human Skills : adalah kemampuan untuk bekerja dengan memahami, dan memotivasi orang lain baik sebagai individu ataupun kelompok. Manajer membutuhkan ketrampilan ini agar dapat memperoleh partisipasi dan mengarahkan kelompoknya dalam pencapaian tujuan.

c. Techincal Skills : adalah kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur-prosedur atau teknik dari suatu bidang tertentu, seperti akuntasi, produksi, penjualan, atau permesinan dan sebagainya.

5. Apabila saudara adalah seorang konsultan manajemen dan  
membantu merekomendasikan bentuk kepemilikan bisnis apakah  
yang tepat pada situasi berikut:
a. Empat orang dokter ingin mendirikan praktek bersama dan masing-masing ingin memiliki kewajiban yang terbatas.
Jawaban :
Perseroan Komanditer (CV)


b. seorang teman ingin membuka toko kelontong miliknya sendiri.
Jawaban :
Perusahaan Perseroan


c. Seorang pengusaha ingin membeli bisnis baja besar.
Jawaban :
Perseroan Terbatas ( PT )


d. Lia orang teman ingin membangun sebuah komplek apartemen dan sangat memikirkan tentang tangung jawab terbatas.
Jawaban :

Perseroan Terbatas

6. Saudara sudah mengamati sebuah bisnis yang erada di lingkungan sekitar tempat tinggal. jelaskan apakah hasil pengamatan yang
menarik dan yang perlu memperoleh perhatian ( perlu dibantu
pengembangannya)?
Jawaban :
Bisnis Rumah Makan di daerah rumah saya. Kelemahan rumah makan tersebut adalah kurangnya promosi yang dilakukan sehingga rumah makan tersebut sepi.




#bangganarotama
#missmanagement
#narotamajaya
#universitasnarotama
#elinanarotama
#kuliahdarirumah
#ujiandarirumah
#thinksmart

Komentar

  1. Regarding the various forms of business entities mentioned (BUMN, BUMD, and BUMS), what are the distinctive advantages and disadvantages of each form, and how do they impact organizational operations and objectives differently? Visit us Telkom University

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 8

UAS Etika Bisnis

UTS ETIKA BISNIS