Nama  : Desy Lucki Mutia Nur Aini
Kelas  : Manajemen A-01
NIM.   : 01219030

Dampak Virus Corona Terhadap Bisnis UMKM

Wabah virus corona yang ada di Indonesia dapat menyebar dengan sangat cepat.virus yang pertama kali terjadi di Wuhan, China ini dapat dengan cepat menyebar keseluruh dunia,

Dampak yang terjadi akibat virus corona ini adalah melumpuhnya perekonomian dunia, salah satunya adalah perekonomian yang ada di Indonesia. Hal ini mengakibatkan melemahnya kurs rupiah.

Status tanggap darurat yang diterapkan di beberapa wilayah akibat wabah virus corona ini dapat membuat beberapa pekerja di sektor informal dan UMKM tidak dapat bekerja.

Salah satu contohya adalah bisnis UMKM. UMKM adalah Usaha Mikro Kecil Menengah atau ekonomi yang merujuk pada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan undang-undang.

Untuk saat ini bisnis UMKM sangat rentan terkena dampak pandemi virus corona. Banyak pedagang UMKM yang mengungkapkan bahwa pendapatan UMKM nelakangan ini berkurang sehingga mereka kesulitan untuk membayar biaya-biaya kebutuhan dagang.

Dikarenakan adanya beberapa kebijakan pemerintah yang mengharuskan untuk menerapkan sosial distancing sehingga para pekerja dan pelajar melakukan pekerjaan serta belajar dirumah agar mengurangi penyebaran virus corona.

Banyak pedagang UMKM yang megeluhkan beberapa hal seperti penjualan yang menurun, kesulitan bahan baku, distribusi yang terhambat, kesulitan modal, dan produksi yang terhambat. Namun, ditengah ini pemerintah mengatakan tengah menyiapkan kebijakan bantuan sosial untuk menyokong sektor informal dan pekerja harian, serta memberi stimulus bagi usaha kecil, mikro dan menengah.

Beberapa tips agar pelaku UMKM bisa menghadapi krisis akibat pandemi virus corona:
1.     -  Memanfaatkan Media Sosial
Ditengah himbauan sosial distancing, media sosial cocok menjadi alat untuk mempromosikan produk yang dimiliki. Banyak UKM yang saling bantu usaha satu sama lain.
2.    -   Pastikan Cashflow Terjaga
Arus kas menjadi unsur paling penting dalam bisnis. Software akuntansi online seperti jurnal dapat menjadi alternatif dalam usaha membuat dokumen penagihan dan pembayaran dengan mudah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 8

UAS Etika Bisnis

UTS ETIKA BISNIS